Minggu, 25 Januari 2015

Sejarah Terbentuknya CU. SEHATI


   


CU. SEHATI berdiri sejak tanggal 22 Agustus 1987 dengan berlokasi semula di rumah salah satu dari pendiri koperasi ini. Koperasi ini pada mulanya terbentuk dari arisan rt dan didirikan oleh 29 orang dari masyarakat sekitar. CU. SEHATI memiliki satu kantor pusat  dan tiga kantor cabang yang telah diperkenalkan sebelumnya. Salah satu rencana yang akan dilaksanakan oleh pendiri CU. SEHATI adalah ingin membuat cabang baru di daerah Jagakarsa. 

Untuk anggota CU. SEHATI yang telah terdaftar sebagai anggota sampai tahun 2014 kurag lebih sebanyak 9700an yang sudah termasuk kepada karyawan yang telah meninggal dan telah keluar. Total anggota bersih CU. SEHATI hingga saat ini kurang lebih sebanyak 7000an.

Dalam pembagian keuntungan atau CU. SEHATI melakukan pembagian ini pada tanggal 01 Februari dengan sistem terbuka kepada sesama anggota. Pembagian tersebut dilakukan secara berurut pada nomor anggota dengan keuntungan atau SHU. Untuk pembagian SHU pada tahun 2013 dan 2014,  pembagian keuntungan atau SHU diberikan sebesar 45% dari keuntungan koperasi itu sendiri.

Sisa Hasil Usaha (SHU) Kopdit Sehati adalah pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurangi dengan biaya usaha, biaya operasional, penyusutan, dan kewajiban lain termasuk pajak dalam dalam tahun buku yang bersangkutan.

SHU = Total Pendapatan - Total Biaya - Pajak

Keterangan :



  • Pendapatan merupakan kumpulan jasa pinjaman dan pendapatan lain yang diperoleh Kopdit Sehati selama satu tahun buku. Rumus pendapatan meningkat atau menurun. Semakin banyak anggota yang meminjam semakin besar pendapatan Kopdit Sehati. Semakin sedikit anggota yang meminjam semakin sedikit pula pendapatan yang akan diperoleh Kopdit Sehati. Semakin banyak peminjam rajin mengansur semakin banyak pendapatan Kopdit Sehati. Semakin banyak peminjam lalai mengansur semakin sedikit pendapatan Kopdit Sehati.

  • Beban/biaya adalah seluruh beban dana, biaya organisasi dan biaya operasional yang harus dibayar Kopdit Sehati selama satu tahun buku. Beban dana terdiri dari jasa simpanan dan jasa pinjaman. Beban organisasi terdiri dari biaya untuk Rapat Anggota, Rapat Pengurus dan Pengawas, dana perlindungan bersama dan asuransi, serta biaya pendidikan dan kegiatan sosial. Beban operasional meliputi biaya personalia, administrasi dan umum, transportasi, telepon, listrik dan air, penyusutan aktiva tetap dan penyisihan aktiva produktif dan pajak. 

  • Alokasi Pembagian SHU merupakan pembagian jatah SHU koperasi untuk keperluan memupuk dana cadangan umum, dana cadangan risiko, insentif Pengurus dan Pengawas, Manajer dan Karyawan,  sosial kemasyarakatan serta dibagikan kepada anggota sebagai balas jasa anggota partisipasi modal dan transaksi pinjaman selama satu tahun buku. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar