Minggu, 25 Januari 2015

Keanggotaan CU. SEHATI


Dalam tata cara dan prosedur untuk menjadi anggota CU. SEHATI, diperlukan sebagai berikut :


a. berumur 17 tahun s.d 69 tahun,

Kepengurusan Periode 2006 - 2008 CU. SEHATI
b. mengisi formulir pendaftaran dengan benar serta jujur yang dilampirkan dengan fotocopy KTP, KK atau Surat Keterangan Tempat Tinggal dari RT dan RW setempat, pas foto 2x3 sebanyak 2 lembar dan bersedia difoto di Koperasi sebagai database, membayar uang pangkal, simpanan pokok, simpanan wajib, Sijahar (setoran awal Simpanan Jasa Harian) serta Dana Sosial Anggota,

c. membubuhkan cap jempol dan tanda tangan pada Buku Induk Anggota,

d. wajib mengikuti pendidikan motivasi atau orientasi yang diselenggarakan di dalam kelas atau di luar kelas secara tuntas,

e. wajib memiliki referensi dari anggota lama,

f. bersedia bergabung dengan kelompok yang sudah ada,

g khusus anggota baru yang berasal dari institusi tertentu dapat membentuk kelompok sendiri dengan jumlah minimal 20 orang.

SIMPANAN


Dalam CU. SEHATI, ada beberapa macam jenis simpanan, yaitu antara lain :
  • Simpanan Saham
          Simpanan Saham merupakan simpanan yang menanggung risiko bilamana koperasi mengalami kerugian, dan akan memperoleh bagi hasil usaha (dividen) bilamana koperasi memperoleh surplus usaha. Simpanan Saham ini terdiri dari simpanan pokok, simpanan wajib dan simpanan kapitalisasi. 

  • Simpanan Non-Saham
          Simpanan Non-Saham adalah simpanan yang tidak menanggung risiko bilamana koperasi mengalami kerugian dan akan memperoleh jasa yang telah ditetapkan. Simpanan Non-Saham terdiri dari :

          1. Simpanan Jasa Harian (SIJAHAR)
             
              SIJAHAR merupakan tabungan yang dapat disetor maupun ditarik setiap saat, memperoleh jasa pada setiap akhir bulan yang jasanya dihitung berdasarkan saldo harian dan langsung menambah saldo tabungan. 

          2. Simpanan Khusus Berjangka (Sikhujang)
             
         Sikhujang merupakan simpanan sejenis deposito yang jasanya secara otomatis masuk pada Sijahar setiap tanggal jatuh tempo.

         3. Simpanan Pendidikan Putra Putri (SIPPATRI)

            SIPPATRI bertujuan menyiapkan dana untuk pendidikan putra/putri anggota Kopdit Sehati dan jasanya secara otomatis masuk pada SIPPATRI akhir bulan. 

         4. Simpanan Hari raya Qurban (SIQURBAN)

           Produk ini diperuntukkan bagi anggota yang ingin merealisasikan niat ibadah Qurban pada saat hari Raya Idul Adha. Adapun manfaat yang diberikan adalah : mewujudkan niat berqurban serta meningkatkan kepedulian sosial.

        5. Simpanan Haji (SIHAJI)

        Produk ini diperuntukkan bagi anggota yang ingin merealisasikan niat Ibadah Haji. Adapun manfaat yang diberikan antara lain yaitu : mewujudkan niat menjalankan Ibadah Haji dan memenuhi panggilan menuju Tanah Suci.

        6. Simpanan Hari Tua Indah (SIMPHATI)

          SIMPHATI bertujuan menyiapkan dana untuk anggota yang memasuki masa pensiun. Produk ini terdiri dari SIMPHATI 1 dan SIMPHATI 2
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar